Benarkah Stres Mengakibatkan Rambut Beruban pada Usia Muda?

Benarkah Stres Mengakibatkan Rambut Beruban pada Usia Muda?

Lenaskogh - Stres! Mungkin kata-kata itulah pasti yang paling banyak dialami baik itu didalam pekerjaan, aktifitas sehari-hari atau mungkin perkerjaan lainnya. Sehingga banyak orang beranggapan bahwa karena akibat stres tersebut muncul uban. Dan banyak juga dari teman saya mengatakan hal demikian, bahwa orang beruban pada usia muda disebabkan oleh karena banyaknya beban pikiran yang dia alami atau bahasa singkat stres.

Dikutip dari wikipedia "Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting."

Pada umumnya orang yang sudah memiliki rambut putih atau uban biasanya hanya dimiliki oleh orang yang sudah Tua saja, ya karena itu memang sudah faktor usia. Untuk memperjelas kembali seperti saya kutip dari wikipedia bahwa : "Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis." Dan itu sudah dianggap suatu kewajaran.

Namun belakangan ini banyak juga yang saya jumpai seseorang beruban pada usia muda, baik itu yang saya jumpai di teman kampus, teman dilingkungan saya tinggal dan di tempat lainnya. Sehingga memunculkan pertanyaan Apakah penyeban kemungkinan seseorang bisa beruban pada usia muda?
ya terkecuali memang bawaan genetik dari kedua orang tua.

Dilansir dari dailymail.co.uk, bahwa stres tidak mampu untuk memunculkan uban pada usia muda. Lantas apa yang sebenarnya terjadi, pasti itu adalah hal yang menjadi pertanyaan besar dalam benak anda, ya kan?

Saat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, maka melanosit di dalam rambut juga ikut menurun. Padahal melanosit berfungsi untuk menghasilkan pigmen rambut. Namun ketika sel melanosit tidak bisa berjalan dengan baik, produksi pigmen terhenti dan mengubah rambut menjadi berwarna abu-abu," terang Rodney Sinclair, Profesor Dermatologi di Rumah Sakit Epworth dan University of Melbourne menjelaskan secara ilmiah.

Baca juga Informasi lainnya : 8 Makanan Yang Tidak Boleh di Makan Ibu Hamil

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi kenapa rambut bisa beruban pada usia muda, seperti faktor genetika, kekurangan vitamin atau faktor lainnya.

Image courtesy at Webmd
Sumber : Wikipedia & dailymail..co.uk

0 Response to "Benarkah Stres Mengakibatkan Rambut Beruban pada Usia Muda?"

Posting Komentar