8 Alasan Kenapa Sering Terjadinya Sakit Kepala

8 Alasan Kenapa Sering Terjadinya Sakit Kepala

Lenaskogh - Belakangan ini saya sering mengalami yang namanya Sakit Kepala, mungkin pada mulanya saya hanya beranggapan bahwa itu hanya kelelahan saja atau mungkin stress. Tetapi setelah saya mengalami sakit kepala yang cukup lama, akhirnya saya mencari di Internet dan menemukan setidaknya ada Alasan-alasan kenapa banyak orang terkena sakit kepala dan saya rangkum menjadi 8 Alasan Kenapa saya sering mengalami Sakit Kepala.

Memang Sakit Kepala adalah hal yang sangat menyebalkan, karena pastinya membuat hari-hari anda sangat tidak nyaman. Apalagi kalau lagi mengerjakan skripsi pastilah sangat menjengkelkan. Lucunya, yang saya sendiri terkadang alami bahwa waktu terkena sakit kepala, mau tidur juga sakit bukan malah menghentikan. Memang sakit kepala sungguh sangat menyiksa, oleh karena itu disini saya akan berikan sedikit tips untuk memahami apa dan sebab, awal mula sakit kepala kita.


8 Alasan sering terjadinya Sakit Kepala:


1. Cuaca

Pergantian musim cuaca memang salah satu pemicu munculnya sakit kepala. Cuaca yang dapat menimbulkan gejala sakit kepala adalah ketika cuaca itu berubah-ubah, yang dimana terkadang panas, setelah itu terkadang juga dingin. Karenanya perubahan yang demikian dapat mengubah zat kimiawi di dalam otak kita dan akhirnya memicu terjadinya Sakit Kepala.


2. Stress

Inilah salah satu sebab yang menjadi masalah utama dari sakit kepala yaitu Stress atau sering saya artikan orang yang banyak pikiran. Sebenarnya sakit kepala justru hadir setelah masa stress berakhir. Penyebabnya adalah hormon yang tengah aktif untuk melawan stress tiba-tiba turun, yang kemudian memicu sakit kepala. 

Stres juga dapat menyebabkan ketegangan di area leher, bahu, dan otot kepala. Hal ini lebih lanjut mempengaruhi postur dan makin parah jika penderita dalam posisi duduk di depan komputer terlalu lama dan jarang melakukan pekerjaan fisik. Sering memicing saat membaca juga dapat menimbulkan ketegangan otot kepala. Semua itu hal-hal yang memicu sakit kepala akibat stress.


3. Hormon

Kebanyakan hal ini di rasakan oleh para wanita, Hal ini dapat disebabkan oleh turunnya tingkat estrogen saat menstruasi, sehingga memicu sakit kepala. Kalau pada para pria hal ini jarang terjadi.


4. Diet Anda

Ternyata diet juga bisa jadi pemicu untuk terjadinya sakit kepala. tapi mungkin ada berpikir-pikir karena apa, ya kan? Beberpa alasan faktor penting pemicunya adalah ketika Anda diet, sering mengkomsumsi makanan seperti: keju, coklat, buah-buahan asam, daging diawetkan, kacang-kacangan hingga makanan MSG. Bahkan es krim pun bisa memicu sakit kepala bagi sebagian orang, meski hanya beberapa menit saja. Oleh karena itu cobalah untuk memilih makanan yang lain untuk dapat menghentikan sakit kepala.


5. Kurang Minum

Mungkin anda sekalian membuat pertanyaan besar kan mengapa minum juga menjadi salah satu pemicu sakit kepala? ya alasannya adalah karena Dehidrasi, karena kurangnya cairan dalam tubuh, oleh karena itu minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. 


6. Terlambat makan

Terlambat makan memang bisa jadi pemicu sakit kepala, saya sendiri sering mengalaminya. Terlambat makan membuat tingkat gula darah menurun, yang kemudian mendorong sakit kepala. Banyak makan gula juga dapat memicu serangan sakit kepala. Penyebabnya adalah peningkatan gula darah secara cepat.


7. Kurang tidur

Susah tidur hingga akhirnya bergadang dan akhirnya membuat anda kurang tidur menjadi salah satu faktor pemicu sakit kepala. Ikutilah pola tidur yang berimbang: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan.


8. Terlalu banyak berolah raga

Olah raga baik untuk kesehatan, namun terlalu memforsir fisik akan memicu sakit kepala. Olah raga meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan leher, yang menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga memicu sakit kepala. Berolah ragalah secara berimbang, sekitar tiga sampai lima kali seminggu, untuk dapat membantu menghilangkan stres dan mencegah sakit kepala


Mungkin cuma segitulah yang saya bisa berikan 8 Alasan yang sering dipertanyakan mengenai sakit kepala. Semoga menambah referensi anda dalam menganalisa kenapa terjadinya sakit kepla pada anda.


Image courtesy at neurosciences.beaumont.edu
Sumber : Panadol

0 Response to "8 Alasan Kenapa Sering Terjadinya Sakit Kepala"

Posting Komentar