Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lenaskogh - Daya tahan tubuh adalah pertahanan utama dalam tubuh manusia, itulah sebabnya bila sistem daya tahan tubuh seseorang lemah maka mengakibatkan mudahnya penyakit untuk masuk menyerang tubuh seseorang.

Tubuh manusia memiliki mekanisme pertahanan yang dapat menangkal radikal penyakit. Mekanisme itu sudah tersusuh mulai dari sel-sel, organ, jaringan, hingga antibody itu sendiri yang seperti pada tulisan pada paragraph pertama yang sudah saya tuliskan sebagai sistem kekebalan tubuh.

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat mendukung anda agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mulai dari olahraga yang cukup, faktor kebersihan, kesehatan mental, istirahat yang cukup, kebutuhan asupan yang bagus meliputi faktor-faktor untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh itu sendiri.

Ilustrasi. new. pitchengine. com

Oleh sebabnya disini saya ingin memberikan dalam tulisan ini penjelasan faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan diatas.

1. Olahrga Teratur

Olahraga memang tetap menjadi salah satu kunci agar dapat mendapatkan kesehatan yang prima, seperti yang sudah saya tulis pada postingan sebelum-sebelumnya Olahraga selalu menjadi topik yang tidak pernah hilang dalam mempertahankan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan anda berolahraga itu sangat membantu untuk dapat menjaga agar berat badan yang ideal, menuruhkan kolesterol dan juga menjaga kesehatan jantung agar tetap prima. Karena semua itu sudah baik, maka secara otomatis kerja pada sel darah putih semakin lebih lancar keseluruh tubuh hingga meningkatakan sirkulasi darah.

2. Pola Makan yang baik

Pola makan menjadi momok yang sangat menyebalkan buat mereka yang doyan akan wisata kuliner atau yang sangat tidak tahan akan makanan. Akan tetapi mulailah untuk mencoba menahan diri dan beralih untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, vitamin C, asam lemak omega-3, zinc, selenium dan banyak lainnya yang merupakan penguat sistem kekebalan daya tahan tubuh yang efektif.

Disini ingin saya tuliskan daftar makanan yang mungkin bisa menjadi refrensi anda:
  • Buah-buahan: Anggur, Apel, jambu, kiwi,  strawberry, melon, nanas, alpukat dan banyak buah lainnya.
  • Sayur-sayuran: Wortel, bayam, kubis, brokoli, kol, tomat, dan banyak lainnya.
  • Makanan lainnya: Biji-bijian, Kacang-kacangan, daging tanpa lemak, madu, kunyit.
Setelah kita mengetahui cara-cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang positip, disini saya ingin memberikan untuk yang negatifnya agar mesti di Hindari:

Kurang tidur

Kurang tidur dapat menurukan sistem daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit. Karena dengan kurang tidur dapat membuat tubuh anda rentan terhadap virus dan infeksi bakteri. Maka oleh sebab itu agar anda setidaknya tidur 7-8 jam setiap hari.

Merokok

Tidak perlu diberitahu pasti anda sudah mengetahui bahwa merokok tidak baik buat kesehatan tubuh, baik di TV, Koran atau pun media massa lainnya sering menyerukan agar "Berhenti Merokok" . Dengan anda merokok dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh dan dipastikan bila organ tubuh rusak akan membuat sistem daya tahan tubuh melemah.

Dehidrasi

Kurang minum membuat anda menjadi Dehidrasi, Padahal air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi getah bening, dimana fungsi getah bening tersebut untuk membawa sel darah putih dan sel-sel tubuh lainnya keseluruh tubuh.

Fast Food

Makanan cepat saji (Fast Food) sangat tidak baik buat kesehatan tubuh. Seperti kita ketahui bahwa makanan cepat saji mengandung banyak lemak.

Itulah beberapa tips buat anda-anda yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan pastinya sehat. :)

0 Response to "Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh"

Posting Komentar